Kamis, 16 Agustus 2012

Memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-67.



Merdeka !!! Sekali lagi untuk bangsa kita Indonesia yang tercinta ini. Walaupun hari kemerdekaan (17 agustus) masih berada dalam bulan Romadhon, dan tidak meriah seperti tahun lalu ada lomba-lomba yaitu karnaval, baris berbaris, dsb. Tapi banyak cara lain untuk memperingati ulangtahun RI mesikun tidak meriah.
Yaitu Dengan menghormati perjuangan pahlawan-pahlawan kita yang mati-matian demi memperjuangkan NKRI agar bisa merdeka. Yuch kita simak perjuangan panjang bangsa kita ini...



Kita Perlu Tahu

PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI

menjelang akhir Perang Dunia II, Jepang banyak mengalami kekalahan dari sekutu. Saat itu, Sekutu dipimpin oleh Jendral MacArthur. Dibawah kepemimpinannya, Sekutu berhasil merebut kembali tempat-tempat strategis, yang dikuasai jepang. Dalam keadaan terdesak, Jepang mengambil hati pada bangsa Indonesia, dengan cara sebagai berikut: 





  • Indonesia boleh menyanyikan lagu Indonesia Raya setelah lagu kebangsaan Jepang Kimigayo,


  • dan bendera merah putih boleh berkibar di samping bendera Jepang. Jepang juga menjanjikan kemerdekaan Indonesia.


   Sebelum janji kemerdekaan Jepang terpenuhi, tanggal 6 Agustus Kota Hiroshisa di jatuhi bom atom oleh Sekutu (Amerika Serikat), dengan korban 70.000 jiwa berjatuhan. Dua hari berselang, bom kedua dijatuhkan di kota Nagasaki. Kedua bom itu memaksa Jepang untuk menyerah pada Sekutu.

   Kekalahan Jepang di rahasiakan pada indonesia, agar Indonesia tidak melakukan pemberontakan. Namun atas berkat Ramat Tuhan YME, lewat Sutan syahrir, berita ini diketahui melalui siaran berita Radio Domei.


   Tanggal 15 Agustus 1945, golongan pemuda Indonesia yang terdiri dari Chaerul Shaleh, Sukarni, Sayuti Melik, Wikana, dan Adam Malik menginginkan kemerdekaan Indonesia segera diproklamasikan, mengingat terjadinya kekosongan kekuasaan di Indonesia. Sementara golongan tua, seperti; Soekarno, M. Hatta, Ahmad Subarjo, dan M. Yamin, menunggu Kerja PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), untuk menghindari pertumpahan darah. Karenanya, tanggal 16 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan M. Hatta di bawa ke Rengasdengklok. Tujuan penculikan itu adalah agar mereka terhindar dari pengaruh tentara Jepang. 

   Malam itu juga, pukul 02.00. Bung Karno dan Bung Hatta mengadakan pertemuan untuk membicarakan persiapan Kemerdekaan Indonesia, di rumah Laksamana Maeda. Lalu bersama Mr. Ahmad soebarjo, teks Proklamasi dirumuskan. Penyusunan naskah Proklamasi selesai pada pukul 04.00, dan diketik oleh Sayuti Malik.

   Tanggal 17 Agustus 1945, bertepatan dengan Ramadhan, pada pukul 10.00 WIB, Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta. Bertempat di rumah Bung karno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Diumumkan melalui radio. Setelah itu, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Bendera Merah putih itu dijahit sendiri dengan tangan, oleh ibu Fatmawati, istri Bung Karno.


  • Prokamasi Kemerdekaan ini merupakan momentum puncak dari perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah.




   Perjuangan mengusir penjajah memang suduh selesai. Kemerdekaan Indonesia juga sudah diproklamasikan, 67 tahun silam. Namun, tugas kita untuk mengisi kemerdekaan, tidak pernah selesainya. Mari singsingkan lengan bajumu, untuk berikan yang terbaik bagi negeri kita ini. @


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Artikelku?

TERIMAKASIH

[ ! ] atas kunjungannya [ ! ]

My Friend Site!

http://fadhilahcom.blogspot.com/2011/10/cara-buka-processor-komputer.html subagya.blogspot.com indrowicahyo.blogspot.com cafebisnis.com jovieblog.blogspot.com harry.sufehmi.com denaihati.com soezack.blogspot.com serbaunik.info manajemenemosi.blogspot.com www.blogguebo.com dhanaarsega.blogspot.com ruang-ihsan.blogspot.com cendrawasih11.blogspot.com sibaho.blogspot.com argunbdg.com www.bayumukti.com modifblogmu.blogspot.com e-je.blogspot.com endarfitrianto.blogspot.com kerjakeras.com apocalytyo.blogspot.com horier.blogspot.com redeagle21.blogspot.com nagapasha.blogspot.com tipis.web.id dhuwuh.blogspot.com penghuni60.blogspot.com cah-cikrik.blogspot.com meriwardana.blogspot.com damarasofia.blogspot.com tips-tipskomputer.blogspot.com eloklangita.blogspot.com blogsukadi.blogspot.com pinrangworld.blogspot.com jalanjalandingin.blogspot.com sony_kuda.blogspot.com top73.blogspot.com pabriktea.blogspot.com marsudiyanto.blogspot.com freemusicarena.blogspot.com Alloh-only.blogspot.com inicuma.blogspot.com www.sectoredwin.net awanclickerz.blogspot.com devit1104.blogspot.com up3x.blogspot.com kata-eko.blogspot.com mu-ri.blogspot.com adabisnis.com jemput-rizki.blogspot.com numb3rblog.blogspot.com hasimas.blogspot.com klikmenarik.blogspot.com id.latuminggi.com azgi.blogspot.com highpagerankdofollow.blogspot.com beha-titi.blogspot.com sebagianduniaku.blogspot.com mradhi.com jackysan.info www.ceritaonlineku.com
free counters

Popular Posts

Mengenai Saya

Kediri, Jawa Timur, Indonesia

!! Follower !!

BANTU BLOG KAMI DENGAN MENGKLIK LINK DI BAWAH INI..
Dapatkan Uang2.34USD/minggu Dengan Mudah!!! Daftar Sekarang Juga!!! Klik Disini.